Halaman

Rabu, 29 Oktober 2014

Oseng Oncom Dan Genjer Lagi....

Assalamualaykum


Ketika saya masak Oseng Genjer dan Oncom lalu banyak yang bertanya seperti apa sih genjer itu ? Memang bagi sebagian orang, genjer adalah jenis sayur yang nggak familiar.
Saya aja baru kenal genjer di Ciledug. Oleh karena itu saya bikin oseng genjer lagi supaya bisa dipotret dan ada penampakannya (kayak hantu deh). Selain itu saya dapat penjelasan dari pembaca DapurManis yaitu mbak Samudra Cinta cara memilih genjer. Genjer yang enak adalah yang ada daunnya, bukan yang kuncup. Genjer berdaun nih masih pupus alias masih muda. Genjer berdaun ini tidak getir atau pait, sedang yang ada kuncupnya ternyata sudah tua jadi rasanya sedikit getir/pait. Makasih ya mbak Samudra Cinta. Kebetulan kemarin tukang sayur bawa genjer berdaun dan langsung dibeli saja. Resep yang saya pake sama seperti yang lalu. Enak deh genjer dimasak bareng oncom ini. Gurih dan pedas. Orang rumah juga doyan dan tanpa disangka mereka ambil nasinya lebih banyak dari biasanya hihi....


Bahan :
200 gr oncom ampas tahu warna merah/oranye
1-2 ikat (+- 300gr) genjer berdaun
10  buah cabe merah keriting, iris serong tipis
3 buah cabe rawit merah, iris serong tipis
1 buah tomat merah, potong dadu
1 sdt garam
1/2 sdt gula pasir
100 ml air

Bumbu tumbuk :
8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
3 butir kemiri
2 sdm ebi, rendam air panas sampai lunak

 Cara membuat :

  1. Potong-potong genjer sepanjang 3-4 cm, cuci bersih dan tiriskan. Hancurkan oncom kasar saja, sisihkan.
  2. Tumis bumbu tumbuk, semua cabe dan tomat sampai matang dan cabe jadi layu.
  3. Masukkan genjer, garam, gula dan air. Masak sampai mendidih dan genjer jadi layu. Ketika dimasak genjer ini akan mengeluarkan air. Koreksi rasanya. Jika suka kaldu bubuk boleh ditambahkan.
  4. Setelah rasanya pas masukkan oncom. Aduk rata dan masak sampai air habis diserap oncom. Angkat dari api dan sajikan bersama nasi hangat.


4 komentar:

  1. suka genjer ya mbk??rasaya gimana gitu,menurutku hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo suka sih enggak (atau belum ya). Ini karena merasa belum sukses naklukin si genjer jadi bikin lagi.

      Hapus
  2. Blm pernah makanin dh mba... mirip eceng gondok ya daunnya mba...?
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. eceng gondok ?? hahahaaa....bisa aja bu gulu. Belum pernah liat eceng gondok selain di tv bu. Kalo batangnya kayak kangkung, berongga gitu (sapa yang tanya)

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.