Halaman

Sabtu, 13 September 2014

Suwir Tongkol Cabe Hijau

Assalamualaykum


Beberapa hari yang lalu setelah mengantar ke sekolah, ternyata bapaknya anak-anak mampir ke pasar induk. Setelah sampai di rumah ternyata membawa 1/2 ekor pindang tongkol.
Senangnya diberi oleh-oleh ikan tongkol seperti ini, hihi...bapaknya minta dimasak pake cabe. Saya berinisiatif untuk memasak dengan cabe ijo karena sudah lama nggak masak seperti ini. Cabenya dibuat sambal ijo Padang. Resep ini saya dapatkan dari teman suami di kantor, Uni Asnita namanya. Sudah beberapa tahun terakhir ini saya selalu memakai resep beliau. Enak lho karena memakai santan. Selain itu anak dan suami cocok dengan resep sambelnya Uni Nita ini. Makasih ya Uni tuk resepnya. Pindang tongkol ini sebelum dimasak dengan cabe disuwir-suwir dulu dan digoreng supaya lebih gurih. Meski dari segi penampilan keliatan kurang menarik tapi rasanyaaa bener-bener endang gulindang. Setelah matang disajikan bersama nasi hangat duuuhhh enaknyaaa....

Bahan :
300 gr pindang tongkol, disuwir-suwir
20 bh cabe ijo besar (jika ingin lebih pedas tambahkan cabe rawit)
5 butir tomat hijau ukuran kecil, dibelah 2
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai, memarkan
2 lbr daun salam
4 lbr daun jeruk
1/2-1 sdt garam
50 gr santan kental instant
75 ml air

Cara membuat :
  1. Rebus cabe ijo besar, tomat, bawang merah dan bawang putih dalam air mendidih selama 15 menit. Sementara itu goreng suwiran tongkol sampai berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  2. Tiriskan rebusan cabe. Selagi panas, uleg kasar semuanya di atas cobek batu.
  3. Panaskan kembali sedikit minyak sisa menggoreng tongkol di atas wajan kemudian tumis cabe uleg bersama lengkuas, serai, daun salam dan daun jeruk. Aduk-aduk sampai agak kering.
  4. Masukkan suwiran tongkol, aduk rata. Beri garam, santan dan air. Boleh diberi kaldu bubuk/penyedap rasa bila suka. Masak sampai airnya mengering. Koreksi rasanya. Jika sudah pas matikan api.
Note : jika tidak ada pindang tongkol gunakan saja ikan tongkol segar. Setelah dibersihkan dikukus sampai dagingnya menjadi padat. Ikan tongkol kukus siap digunakan.

4 komentar:

  1. belumpernah masak ayam atau ika yg disuwir,boleh nih resepnya...^^

    BalasHapus
  2. masyaAllah mba.... ini mah sedep buangeedddd....

    BalasHapus
    Balasan
    1. tul. Apa kabarnya ? lama nggak keliatan. Sibuk pastinya nih...

      Hapus

Dikarenakan banyaknya komentar yang tidak pantas atau link "titipan" yang muncul di komentar, maka setiap komentar yang masuk akan saya seleksi. Hanya komentar yang sekiranya pantas, sopan dan tidak mengandung kekerasan yang akan tampil di komentar. Link jualan obat atau promo produk juga akan dihapus. Terimakasih atas perhatian anda yang telah mengunjungi dan meninggalkan komentar manis di DapurManis. Saya menghargainya sebagaimana apresiasi anda terhadap blog ini.