PUDING NASI PANGGANG

Assalamualaykum



Alhamdulillah bisa nulis lagi. Beberapa hari vakum dari blog rasanya sudah rindu sekali. Mungkin karena lagi seneng-senengnya ngeblog kali ya, hihi...
Hari ini saya bikin puding panas. Biasanya puding terbuat dari agar-agar atau bahan lain seperti tepung hunkwe. Tapi kali ini saya bikin puding dari nasi. Yap nasi. Baru kali ini saya bikin puding dari nasi. Saya nih paling seneng bikin cemilan atau snack yang terbuat dari bahan yang ada di rumah. Sukur kalo bahan itu setiap hari udah ada, nggak usah nyari dulu ketika mau bikin. Karena mood bikin kue tidak jarang datang secara tiba-tiba.

Puding ini saya dapatkan dari buklet tabloid Saji yang berjudul Rice Puding Panggang. Penasaran seperti apa sih rasanya puding dari nasi. Alhamdulillah ternyata enak. Tapi seperti biasa resepnya saya utak-atik. Resep asli nggak pake kismis dan sukade, hanya pake keju. Tapi karena stok keduanya di rumah masih banyak, saya cemplungin aja sekalian. Rasanya, hmmm nyam-nyam deh. Tapi lumayan bikin kenyang nih pudingnya. Mau coba ? Yuk dibikin yuk...




Bahan Vla Vanilla :
350 ml susu cair
4 sdm gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk
2 sdm maizena
50 ml air untuk melarutkan maizena
2 butir telur ayam

Bahan puding :
250 gr nasi dingin
300 ml susu cair
3 sdm gula pasir
75 gr keju parut
125 gr campuran sukade dan kismis
Taburan :
50 gr kismis, rendam air panas sampai mengembang, tiriskan

Cara membuat :
1. Siapkan pinggan tahan panas yang dioles margarin atau cup alumunium. Sisihkan. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat C.
2. Vla vanilla : larutkan maizena dalam air, aduk rata. Masukkan telur, aduk rata, sisihkan.
3. Rebus susu dan gula sampai mendidih, Masukkan vanila. Kecilkan apinya, kemudian masukkan larutan maizena+telur. Aduk-aduk sampai kental dan meletup-letup. Sisihkan.
4. Di tempat lain rebus susu dan gula sampai gula menjadi larut dan mendidih, masukkan nasi. Masak sampai susu habis. Tuangkan vla vanilla ke dalamnya, aduk rata. Matikan api. Masukkan keju parut dan capuran sukade+kismis, aduk rata.
5. Tuang ke dalam cetakan, taburi kismis, panggang selama 35 menit. Jika memakai cup alumunium (atau cetakan ukuran kecil) cukup 25 menit saja. Jika disentuh permukaannya sudah kering, segera keluarkan dari oven. Dinginkan dan sajikan.





Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

9 komentar

belum pernah nyoba mbak....
dan baru kali ini tau ada puding nasi...
waaahhh...harus di coba.... :)
pic nya aku sukaaaaaaaa.... :)

hihi....ayo dicobain mb mimie...

kalo pas banyak anak kecil, cocok buat suguhan, karena lumayan bikin kenyang...

pudingnya nyam-nyam...fotonya makin wookeehh..sukaa :)

hehe...emang nyam-nyam mb erika

makacih tuk pujiannya*hidung kembang-kempis*

Passei, vi, li e gostei muto deste blog. Aguardo uma visita sua em meu blog... http://inkdesignerstampas.blogspot.com

br tau nih Mbak , ada puding nasi....tampilannya menggodaa....fotonya cantik:)

iya um sama deh baru sekali ini tau ada puding nasi
lumayan buat cemilan kalo pas hujan-hujan *cemilan kok nasi ya ?*

nemu cara baru ngakalin nasi dingin hehehe,tapi kog ada kismisnya ya, g aneh ta rasanya?

hihi...komennya lucu mbak. Awalnya memang ragu kira kira gimana ya nasi kok pake kismis. Tapi ternyata enak tuh. Kismisnya bisa menyeimbangkan rasa. Puding nasi ini rasanya berat, cepat bikin kenyang, sementara kismis manis asem. Jadi ketika dimakan ya pas aja gitu.
Kalo nggak suka kismis bisa dihilangkan mbak. Atau adonan dibuat aja dalam mangkuk kecil-kecil, sebagian diberi kismis dan sebagian lain tidak usah pake. Nanti bisa dibandingkan deh rasanya, mana yang lebih disukai.

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon