Pages

Tuesday, January 22, 2013

CHIFFON PANDAN DAN OREO

Assalamualaykum


Kangen deh sama Chiffon Cake. Sebenarnya ini permintaan hubby yang ingin chiffon pandan.
Selama ini kalo bikin chiffon, kalo nggak putih atau coklat. Kali ini chiffonnya nggak polos, tapi diberi oreo cincang. Jadi ada bintik-bintik hitam sebagai aksen kue. Rasanya, yaaaa sama dong dengan chiffon pada umumnya. Lembut, kempus-kempus (spongy) dan ringan. Nggak eneg gitu. Makan sepotong bakalan kurang euy....

Dalam pembuatan chiffon ini saya menggunakan loyang tulban saja. Kenapa ? Karena saya bikin chiffon dalam jumlah sedikit, jika menggunakan loyang chiffon yang tinggi, permukaan kue sukar untuk kering. Jika mengggunakan loyang tulban, dasar loyang harus dialasi kertas roti ya, supaya mudah melepaskan kue dari loyang karena kuenya akan sangat lengket di loyang.

Ketika mencampur adonan, usahakan putih telur yang masuk ke adonan kuning telur harus diaduk sampai betul-betul rata. Jika tidak rata, nantinya akan menghasilkan chiffon dengan rongga besar. Kemudian panggang chiffon menggunakan suhu rendah selama 1 jam. Tujuannya supaya chiffon benar-benar matang sampai ke dalam, sehingga tekstur kue menjadi kokoh. Setelah itu naikkan suhu oven untuk mengeringkan permukaan chiffon. Jika tidak kering, akan membuat permuakaan chiffon jadi cekung ketika dingin.


Bahan :
3 butir putih telur
1/2 sdt garam halus
75 gr gula halus

75 gr tepung terigu
2 sdm gula halus
1/2 sdt soda kue
1/4 sdt baking powder
3 butir kuning telur
50 ml susu cair
50 ml minyak sayur
1/2 sdt pasta pandan
6 keping biskuit oreo, buang krimnya, cincang kasar

Cara membuat :
1. Siapkan loyang tulban diameter 18cm. Alasi dasarnya dengan kertas roti. Jangan dioles apapun, biarkan kering. Panaskan oven dengan suhu 160 derajat C.
2.Dalam sebuah mangkok bersih, kocok putih telur dan garam sampai berbuih. Masukkan gula halus dalam 3 tahap sambil dikocok  dengan kecepatan maksimal sampai kaku dan mengkilat (+- 4 menit). Sisihkan.
3. Dalam wadah yang lain campur terigu, gula halus, soda kue dan baking powder, aduk rata. Masukkan kuning telur. Tuangi campuran susu dan minyak sayur, kocok menggunakan mixer speed rendah, sampai rata saja. Masukkan pasta pandan, kocok sampai rata.
4. Masukkan putih telur kaku ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit, dalam 3 tahap, aduk balik menggunakan spatula sampai rata. Aduk sampai benar-benar rata. Masukkan oreo cincang, aduk sebentar asal menyebar. Tuang ke dalam loyang.
5. Panggang dalam oven selama 1 jam. Setelah satu jam naikkan suhu oven menjadi 180 derajat C selama 10-15 menit. Jika permukaan kue disentuh menggunakan ujung jari telah membal, berarti telah matang.
6. Keluarkan kue dari oven dan langsung dibalik dengan disangga botol pada lubangnya. Biarkan sampai betu-betul dingin. Setelah dingin, kikis/sisir bagian pinggir dan tengah kue menggunakan pisau tipis dan tajam. Keluarkan kue dari loyang, potong menggunakan loyang bergerigi dan sajikan.



5 comments:

  1. suka ftnya yg ada resepnya....^_^
    haduh rajinnya ibu kita yg satu ini mencifon...
    minta 1 loyang bu.... eheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mb mimie...
      perasaan memang foto itu yang paling cakep...
      seloyang ? nyaris habis nih, tinggal 1/3 loyang, hehehe

      Delete
  2. Salam Rina.Salam perkenalan ;) wah banyak resipi yg menarik di dapur Rina.Nanti mau di cuba kek chiffon pandan oreo ni.Sungguh menarik sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh...tidak disangka Dapur Manis mendapat tamu dari jauh...
      Silakan cik untuk mencoba resep ini...

      Terimakasih tuk komen dan kujungannya di Dapur Manis ya...

      Delete
  3. Resep resep ny bikin ngiler deh mb...

    ReplyDelete