Sup Lele

Tags


Assalamu'alaykum


Entah kenapa akhir-akhir ini keluarga saya demen yang namanya ikan. Padahal kami bukan penggemar ikan. Apalagi saya yang dari Solo, jarang sekali makan ikan. Belum tentu sebulan sekali keluarga saya makan ikan, lebih sering makan tahu tempe, ayam atau daging. Jika makan ikan, paling pol lele goreng yang dibeli ibu rahimahullah dulu di pasar Klewer. Karena jarang makan ikan, saya jadi gak tau bagaimana cara mengolah ikan biar disukai keluarga. Tapi semenjak bikin Arsik Ikan Mas di awal tahun ini saya jadi kepikir untuk belajar masak ikan (gegara dapat kiriman andaliman dkk dari mb Monica Rampo hihi....Trims ya mb Monic. Sekarang diriku ada kemajuan bisa mengolah ikan *lopelope*). Tanpa disadari dari situlah awal mula saya jadi sedikit (sedikit lho ya) kreatif mengolah ikan terutama ikan air tawar. Salah satunya ikan lele. Jika selama ini sering menggoreng lele, sekaranglah saatnya membuat olahan yang berbeda, yaitu sup lele. Awalnya saya ragu mau mengolah lele karena jenis kulitnya yang tipis dan mudah sobek. Tapi saya nekat saja mengolahnya jadi sup tanpa menggorengnya lebih dahulu. Saya kurang suka jika digoreng dahulu karena  tidak menyukai minyaknya. Jadi lele segar langsung dicemplungin saja ke dalam kuahnya. Dan ternyata enak lho kaldunya. Ya, kaldu lele ternyata tidak kalah dengan kaldu ayam atau daging. Gurih dengan rasa khas lele. Wuih jadi seneng saya. Kaldu ini mengingatkan saya ketika masak sup tongkol atau asam pedas tongkol. Kaldunya kan berasa dan beraroma khas tongkol. Itulah yang saya maksud.

Bahan :
500 gr (isi 4) ikan lele, siangi, potong 2 bagian
1.000 ml (1 liter) air
1 sdm margarin
½ butir bawang bombay, potong memanjang
3 siung bawang putih, cincang
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
½ sdt merica bubuk
⅛ sdt pala bubuk
2 batang wortel, potong bulat
5 batang buncis
8 butir bakso, potong sesuai selera
5 bh sosis, potong bulat bulat
2 buah jamur kuping kering, rendam air panas sampai mekar, potong sesuai selera
100 gr kol/kubis
75 gr sawi hijau
10 bh cabe rawit merah
1 batang daun bawang, potong 2 cm
Bawang goreng untuk taburan

Cara membuat :
1. Lumuri lele dengan air jeruk nipis dan garam, biarkan 30 menit, bilas bersih. Sisihkan. Rebus air dalam panci, biarkan mendidih.

2. Sementara itu panaskan margarin sampai meleleh, tumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu. Masukkan tumisan ke dalam rebusan air tadi.

3. Bumbui dengan garam, gula, merica dan pala. Koreksi rasa kuahnya. Boleh diberi kaldu bubuk bila suka. Jika sudah pas masukkan wortel dan buncis Masak sampai matang.

4. Setelah itu menyusul lele, bakso, sosis, kol, jamur kuping,  cabe rawit, daun bawang dan sawi. Setelah layu matikan api. Sajikan.

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

4 komentar

Kalau saya yang masak, pasti hancur tu lelenya menyatu dengan kuahnya.

Masak lele memang susah susah gampang karena kulitnya tipis. Kalo masak sup gini, jangan diaduk aduk kuahnya supaya lele tidak hancur. Biarkan saja lele terendam kuah sampai matang. Dengan begitu lele bisa terhindar dari kehancuran 😄

itu cabe rawit merah kok malah tambah bikin ngiler he he he

Hahahah....emak lagi males nyambel makanya sup dicemplungi rawit merah. Kalo pingin pedes tinggal digerus aja si cabe di atas piring pakai sendok

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon