Sambal Oncom Teri Jengki...Siap-Siap Gagal Diet

Assalamu'alaykum


Sambal bagi sebagian orang adalah teman sehidup semati. Belum berasa makan jika gak ada sambal. Atau malah ngambek makan jika gak ada sambal. Dulu ketika masih "jaman jahiliyah" saya penggemar sambal dan makanan pedas garis keras. Meski tergolong garis keras, tapi saya takut dengan cabe cengek alias rawit merah. Serius. Lidah saya gak tahan dihantam rasa pedas yang panas menggigit lidah. Aneh ya. Penggemar pedas tapi gak doyan rawit merah. Cemen deh hihihi...... Saya selalu menggunakan cabe merah keriting untuk membuat sambal, tanpa si cengek. Mau sambal tomat, sambal terasi atau sambal bawang selalu memakai cabe keriting 100%. Tapi sejak 4 tahun terakhir saya banyak mengurangi makanan pedas karena lambung protes berat. Levelnya sudah menjadi GERD, yaitu asam lambung naik ke kerongkongan dan membuat dada kiri nyeri. Saya sempat berpikir kena sakit jantung. Setelah periksa ke dokter ternyata GERD. Masalah lambung ini sangat mengganggu sekali, karena tiap saat dada kiri berasa seperti kesetrum listrik. Obat sudah tidak mempan lagi. Dosis yang diminum sudah mengerikan jumlahnya. Akhirnya saya merubah pola makan. Ikut Food Combining ceritanya. Dan gak disangka saya bisa sembuh karenanya. Pola makan ini ternyata cocok buat saya. Empat tahun sudah saya menjalankannya. Alhamdulillah sudah bisa makan pedas sekarang. Tapi tetep harus dibatasi. Setelah sembuh, keanehan saya yang takut dengan rawit merah, sekarang malah runtuh. Setiap kali bikin sambal, harus pakai cengek meski hanya 1-2 butir. Bikin mie rebus pun harus pakai cengek. Padahal dulu gak pernah bikin mie pakai cabai. Aneh apa lucu ini ya hihihi....

Well, setelah baca 'prolog siluman' alias curhat yang lumayan panjang, sekarang balik ke resep ya. Sambel oncom ini dibuat karena nemu oncom cantik di tukang sayur. Jamur yang berwana oranye mencolok sangatlah eye catching. Langsung deh nyomot 2 potong. Sekalian ambil teri jengki buat bikin sambel oncom. Oncom  memang paling pas diolah jadi sambel. Pokoknya dibikin pedes sangat cocok. Sebagai variasi resep, sambel oncomnya dicampur teri jengki biar nikmat rasanya. Dulu pernah sih bikin tumis oncom teri, tapi pakai teri medan. Jika menginginkan olahan oncom yang lain, bisa dicari di blog ini ya. Klik kolom search, tulis kata kunci oncom.

Bahan :
2 potong oncom warna oranye
75 gr teri jengki
2 batang daun bawang, iris tipis
3 bh cabe merah keriting, iris tipis
½-1 sdt garam
200 ml air

Bumbu tumbuk :
5 butir bawang merah
2 siung bawang putih
5 bh cabe merah keriting
5 bh cabe rawit merah

Cara membuat :
1. Hancurkan oncom kasar saja. Campur 100 ml air dan garam, aduk sampai garam larut. Tuangkan ke atas oncom, ratakan. Biarkan 10 menit supaya meresap.

2. Goreng teri jengki sampai matang, angkat, tiriskan.

3. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu tumbuk sampai matang dan garing. Masukkan daun bawang dan cabe iris, aduk sampai layu.

4. Menyusul oncom kemudian aduk rata. Masukkan sisa air. Koreksi rasanya. Boleh diberi kaldu bubuk jika suka. Jika airnya dirasa kurang boleh ditambahkan. Terakhir masukkan teri goreng. Aduk rata. Matikan api.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

15 komentar

Mba Rina janjian ya sama mba Monic hari ini post tentang oncom?

Hahaha...
Baru tahu cabe rawit nama lainnya cengek. Lucu dengarnya.

Benarkah mb Monica masak oncom ? Habis ini langsung ke TKP ah....

Iya cengek itu familiar di Jogja Solo mb Sitti. Tau deh kenapa diriku sekarang malah ketagihan sama si cengek ya hahahah

Nyami bikin ngiler aja ni mba sambal oncomnya, kalo boleh minta dong, hehe :)

Boleh mas Mayuf. Comot aja 😁

Makasih ya mas udah mampir

Ini mah favorit saya banget. Nih oncom pakai teri.

Bisa abis dua piring kalau di masakin ini sama kumendan.

Hahaha....ketemu fans oncom nih.
Emang, sambel oncom puedes plus teri itu paling uenak. Kalo yang demen sama leunca, lebih nikmat lagi

tosss dulu... lupa komentar di sini he he he
sayang mba Rina ga suka kencur ya, kalau ditambah kencur rasanya lebih sedap ini
enaknya sambal oncom begini, iya bisa gagal diet nih ha ha ha

Tau nih diriku kok gak suka kencur ya. Tapi kalo bumbu urap diriku mau pakai kencur hihihi...ketauan suka pilih pilih deh.

Temu kunci juga gak suka, jadi kalo masak sayur bening gak pernah pakai temu kunci 😁

Mba sembuh dari GERDnya brp lama setelah menjalani FC?

Kira kira 2 bulan mbak. Tapi disiplin banget. No cheating pada bulan pertama. Itu juga masih minum obat tapi pelan pelan dikurangi dosisnya. Bulan kedua mulai cheating, dikit dikit. Efeknya mual gak karuan. Penawarnya, langsung kunyah wortel hihihi.....

Alhamdulillah saya bisa melakukan puasa ramadhan pada tahun yang sama. Dan bisa lepas obat sama sekali. Sampai sekarangpun saya masih fc. Kalo puasa tuh enak banget di badan. Enteng dan gak lemas, maa syaa allah

Saya kepengen banget sembuh Mba Rina, saya GERD udah 5 bulan, plus insomnia sebulan belakangan. Udah konsumsi obat dokter SPPD KGEG 4 bulan dan udah lepas obat. Pengen bisa puasa ramadhan tahun ini. Baru menjalani FC 1 minggu ini. Berarti tanpa cheating day ya? Ada tips khusus ga Mba Rina apalagi aku lagi nyusui anakku kedua 20 bulan.

Kalo untuk ibu menyusui saya tidak punya saran. Maaf. Karena waktu belajar fc, saya sedang tidak menyusui. Jadi saya tidak tau harus memberi saran apa. Takut malah salah nantinya.

Sebaiknya gabung saja di grup fb Food Combining Indonesia. Di sana mb Desi bisa belajar sekaligus diskusi mengenai GERD pada ibu menyusui. Saya sudah gabung di sana 4 tahun yang lalu. Dan karena gabung di sanalah saya berani melakukan FC dan bisa sembuh dari GERD. Saking saya sudah tidak tahu harus bagaimana mengatasi GERD. Alhamdulillah diberi petunjuk dengan melakukan FC.

Jangan patah semangat ya mbak. Minta dukungan suami dan anggota keluarga supaya bisa melakukan FC dengan baik dan benar.

Wah, makasih infonya Mbak Rina. Aku jadi tambah semangat dan yakin mau konsisten FC. Sekarang masih FC Mbak? Apa makan bebas pas cheathing day aja?

Aku udah mnt bergabung di grup FB Food Combining Indonesia tp belum dinconfirm2 udah sebulan. Tp gpp tetep semangat.

Sama sama...
Masih doooonnngg....kalo pas baking di hari biasa, itu yg terasa berat hihihi....kan kalo gak kuat, bisa cheating jatuhnya 😉😉 jadi baking kalo bisa pas weekend aja.

Hayuk semangat fc an. Kuncinya cuma disiplin aja. Patuh pada aturan dan larangan yang sudah diberikan para senior.

Itu grup FC kayaknya lagi membatasi anggota kok mbak. Soalnya sempat "tercemar" dengan gaya diet dietan yg lagi trend. Kan banyak ya aliran diet jaman sekarang sekarang ini. Bedanya FC dan diet adalah "FC bukan untuk diet tapi LIFESTYLE SEUMUR HIDUP". Jadi kalo sudah sehat ya harus konsisten, jangan balik ke pola makan lama, hehehe....

Kalo pas cheating boleh makan bebas. Artinya tidak sesuai dengan juklaknya. Tapi itu ber-efek ya. Kalo saya mual banget. Tiap orang beda reaksi. Ada yang mual pusing gak karuan. Begitu berasa mual, saya segera cari sayur, biasanya wortel, trus dikunyah pelan pelan sampai lumat. Nanti berangsur angsur mualnya bisa hilang. Asli deh kalo mual ampun ampunan rasanya hihhihi....

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon