Nasi Goreng Sambal Ikan Asin

Assalamu'alaykum


(Latepost. Jadi tinggal pic doang ya 😁) Memberdayakan Sambal Ikan Asin (resep sudah ditulis di blog) tempo hari yang tersisa di kulkas.
Daripada bikin bumbu lagi, capek uleg-uleg bumbu mending pakai yang telah ada. Nasi goreng favorit orang rumah adalah pake kecap manis. Biar rasa dan aromanya tidak tabrakan, saya beri kecap 1 sendok makan aja. Hasilnya nasi goreng yang agak gelap warnanya dengan rasa sambal yang tetap dominan. Resep ini hanya menggunakan bahan seadanya di kulkas. Boleh ditambah kol, sosis, daun bawang atau apa saja yang disukai. Dinikmati ketika cuaca dingin pas bener rasanya.

Bahan :
2 piring nasi putih dingin
1 sdm kecap manis
½ sdt garam halus
1-2 sdt gula pasir
¼ sdt merica bubuk
4 sdm Sambal Ikan Asin
4 butir bakso, potong sesuai selera
1 butir telur, diceplok

Bumbu cincang :
3 butir bawang merah
3 siung bawang putih

Cara membuat :
1. Campur nasi dingin dengan kecap manis, garam, gula dan merica. Aduk rata. Koreksi kemudian sisihkan.

2. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu cincang sampai matang. Masukkan Sambal Ikan Asin, aduk aduk sampai sambal jadi panas dan agak kering.

3. Menyusul nasi kecap, aduk rata sampai nasi terbalut bumbu. Tambahkan bakso. Besarkan api, aduk dengan cepat supaya tidak hangus.

4. Setelah dirasa agak kering koreksi rasanya. Silakan beri kaldu bubuk jika suka. Matikan api. Sajikan hangat bersama telur ceplok.

Allah SWT berfirman:

وَمَنْ يَّعْمَلْ مِنَ الصّٰلِحٰتِ وَهُوَ مُؤْمِنٌ  فَلَا يَخٰفُ ظُلْمًا وَّلَا هَضْمًا

"Dan barang siapa mengerjakan kebajikan sedang dia (dalam keadaan) beriman, maka dia tidak khawatir akan perlakuan zalim (terhadapnya) dan tidak (pula khawatir) akan pengurangan haknya."
(QS. Ta Ha: Ayat 112)

* Via Al-Qur'an Muslimah https://goo.gl/hWQsvK

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon