Pandan Rice Bread (Membuat Roti Menggunakan Nasi)

Assalamu'alaykum


Hai halo apa kabar ? Semoga semuanya sehat dan bahagia ya 😍😍😍
Ketemu lagi dengan saya di sini. Lagi iseng nih mau memanfaatkan sisa nasi. Mau dipakai buat bikin roti hihihi 😀😀😀 Penasaran deh saya. Bisakah dibikin roti ? Setelah googling ternyata bisa. Horeeee...alamat gak bakal kebuang nih kalo ada sisa nasi seuprit di meja makan. Sebelum digunakan, nasi dihaluskan terlebih dahulu supaya rotinya nanti bertekstur halus. Kalo gak dihaluskan, bakal gerunjulan kayak orang jerawatan itu nanti rotinya hihihi 😁😁😁 Gunakan dry mill untuk menghaluskan nasi. Jika sulit, boleh gunakan blender. Masukkan nasi dan bahan cair dalam resep supaya bisa terproses sampai halus. Roti ini bahan utamanya tetap menggunakan terigu, sedang nasi hanya sebagai bahan tambahan. Supaya roti ini lebih yahud saya memakai sari daun pandan asli ke dalamnya. Bener lho aroma daun pandan gak akan tergantikan dengan pasta pandan sintetis ketika roti sudah matang. Haruuummmm banget 😘😘😘 Untuk roti sobek ini saya menggunakan isi coklat beras dan keju spread. Tapi gak semuanya. Ada juga yang kosong tanpa isi karena saya ingin merasakan tekstur aslinya tanpa 'dicemari' isinya. Saya kemarin pakai loyang ukuran 20x20x6 cm dan ternyata terlalu kecil ! Roti yang dipanggang ada yang meluap bagian pinggirnya. Tobat. Lha saya mau nyari loyang yang ukuran lebih besar kok gak ketemu. Akhirnya pakai seadanya dan begitulah hasilnya. Sedikit meluap.  Supaya hasilnya cantik gunakan loyang ukuran 24x24cm ya.

Setelah matang gimana hasilnya ??? Surprise !! Lembut !! Gak kalah dengan roti water roux atau biang semalam !! Maa syaa allah 😇😇😇 Asli saya kaget ketika menyobeknya selagi roti hangat. Teksturnya lembut dengan pori-pori rapat dan gak seret. Udah nginep semalam pun masih lembut dan gak seret juga. Meski ketika berupa adonan saya masih bisa merasakan butiran nasi yang kurang halus, tapi setelah matang nasi itu tidak berasa. Lebur jadi satu dengan bahan lainnya. Tidak ada jejak nasi di lidah. Bagi saya dan selera orang rumah, roti ini sedikit kurang manis. Saya pikir karena nasi sudah mengandung gula, saya hanya pakai 100gr. Ternyata kurang manis. Tambahi saja gula pasirnya menjadi 125-150 gr. Menurut saya, roti dengan ciri-ciri seperti yang disebut di atas, akan jadi favorit siapa saja. Penasaran gak sih sama Rice Bread ? Kalo penasaran yuk bikin yuk....


Notes :
* Saya menyarankan untuk menghaluskan nasi dan santan secara bersamaan. Karena meski sudah dihaluskan menggunakan dry mill, adonan masih terasa kasar dari nasi yang tidak halus.

* Penggunaan santan pandan bisa kurang atau lebih menyesuaikan kelembaban tepung. Selain itu nasi matang kelembutannya pun berbeda beda.

* Suhu oven yang digunakan tergantung karakter oven masing-masing ya. Gunakan suhu sedang supaya bisa matang sampai ke dalam. Jangan terlalu tinggi karena roti akan matang di luar tapi mentah di dalam. Jangan pula terlalu rendah supaya roti tidak kering bagian dalamnya karena dioven terlalu lama.

Bahan :
150 gr nasi putih
400 gr terigu protein tinggi (bread flour)
100 gr terigu serbaguna
100 gr gula pasir (kurang manis)
½ sdt garam halus
8 gr ragi/yeast instant
1 butir telur​ utuh
200 ml air santan pandan dingin dari kulkas (santan, 10 lbr daun pandan dan 15 lbr daun suji diblend halus, saring)
2 tetes pewarna hijau tua
2 sdm mentega tawar

Isian : coklat beras, keju spread
Olesan sebelum dipanggang : 2 sdm telur kocok, 1 sdm minyak goreng dan 1 sdm susu kental manis

Taburan : almond slice
Olesan setelah matang : mentega

Cara membuat :
1. Haluskan nasi (saya pake dry mill) sampai halus. Sisihkan.

2. Campur terigu, gula, garam dan yeast instant. Aduk rata kemudian buat lubang di tengah. Masukkan nasi halus dan telur, uleni menggunakan tangan sambil dituangi santan pandan dan pewarna hijau. Uleni sampai menggumpal dan agak lengket. Terakhir masukkan mentega, uleni sampai kalis elastis.

3. Bulatkan adonan dan masukkan dalam baskom besar beroles minyak. Tutup menggunakan serbet lembab (pake plastik wrap atau tutup panci juga boleh). Fermentasikan di tempat hangat sampai double in size (45-60 menit tergantung suhu ruang).

4. Siapkan loyang ukuran 24x24x6 cm alasi kertas roti dan olesi minyak semua bagiannya.

5. Kempiskan adonan. Bagi jadi 16 bagian (@66gr). Jika agak lengket olesi tangan dengan minyak. Bulatkan dan istirahatkan 10 menit. Kempiskan kemudian beri isian, bulatkan lagi. Tata di atas loyang. Beri jarak di antaranya karena roti akan mengembang. Fermentasikan kembali sampai adonan mengembang sampai 70-80% dari besar semula (kebetulan cuaca panas sekali dan saya butuh waktu hanya 30 menit).

6. Panaskan oven suhu 170'C. Olesi campuran telur dan taburi almond slice. Panggang sampai permukaannya golden brown selama 30 menit.

7. Keluarkan dari oven dan selagi panas olesi mentega supaya tidak kering.

Menggunakan Bread Master :
1. Masukkan bahan cair seperti santan pandan, telur dan nasi halus. Menyusul gula, garam dan mentega. Tuangkan terigu. Buat cekungan di permukaan terigu, masukkan ragi instant.

2. Tekan menu Knead. Biarkan Bread Master bekerja sampai waktu habis (selama 30 menit). Selanjutnya lakukan step 3 di atas.






Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

6 komentar

Unik jg ni ya mba...roti ada campuran nasinya.

Yoi say....dan hasilnya bikin diriku syuka deh. Lembut. Tuh diriku masih ada sisa, dan masih lembut padahal udah 2 hari 2 malam. Keren deh ini roti nasi

mba Rina bisaan euy nyampur nasi di adonan roti, itu seratnya kliatan lembut banget loh...

eh ya.. tungguin ya mba, masih ada yang belum kebeli, di tempat biasa lagi habis, kudu ke tempat lain dulu... sabar ya mbakyu..

Walah...biasa itu lah. Emak emak penyayang. Penyayang makanan maksudnya wkwkwk 😂😂😂

Gak apa mb Monic. Selonggarnya aja ya. Gak usah diburu buru. Santai aja 😀😀😀😀

Wah menarik untuk dicoba. menguleninya dengan bread master ya? berapa menit?

Iya pakai Bread Master selama 30 menit mbak 😆

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon