Chinese Steamed Bun (Mantau/Pau Tanpa Isi)

Assalamu'alaykum


Setelah  tempo hari sukses bikin bakpao mulus, saya ketagihan bikin lagi hihi....apalagi orang rumah juga demen pao.
Nah kesempatan nih buat emak untuk eksekusi resep yang lain. Kali ini pakai resepnya Michael Liem (Youtube). Tertarik karena bahan dan cara bikinnya simpel. Sudah gitu mantaunya keliatan gembul gendut dan mulus. Duuhh jadi ngebayangin mantau yang menul menul empuk. Apalagi resep ini cuma pakai plain flour. Plain flour adalah terigu yang biasa dipakai untuk cake, pastry dan biskuit/cookies (CMIIW). Kalo di Indonesia lebih familiar dengan terigu protein rendah ya. Cucok deh dengan persediaan terigu di rumah. Agar rasanya rada membal, saya menggunakan tepung jagung di dalam resepnya. Asli lho saya kepincut dengan bentuknya yang gendut dan mulus. Tapi tetep ya beda tangan beda hasilnya hahahah......

Chinese Steamed Bun (Mantau/Pao Tanpa Isi)
Michael Lim - Youtube

550 gr terigu protein rendah (saya 500 gr terigu + 50 gr tepung jagung)
11 gr ragi instant
30 gr gula pasir (kurang manis)
1 sdt baking powder
320 gr susu cair dingin dari kulkas
30 gr mentega putih
1/4 sdt garam halus

Cara membuat :
1. Campur semua bahan kering seperti terigu, ragi instant, baking powder dan gula pasir, aduk rata.

2. Tuangi susu cair sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai menggumpal. Adonan sedikit lengket ya. Terakhir mentega putih dan garam. Uleni kembali sampai kalis elastis. Tutup dan fermentasikan selama 30-45 menit sampai mengembang double size.

3. Kempiskan. Bagi adonan jadi @50 gr (saya 60gr). Bulatkan dan istirahatkan selama 10 menit.

4. Kempiskan adonan, bulatkan kembali sampai mulus dan licin permukaannya (lihat videonya ya bagaimana Michael Lim membentuk mantau supaya mulus hasilnya). Letakkan di atas sepotong kertas roti. Diamkan selama 30 menit supaya adonan sedikit mengembang gembul (saya 10 menit saja sudah terlihat gembul)

Note : selama kita membentuk sisa adonan, adonan yang telah dibentuk akan dengan sendirinya antri dan mengalami fermentasi. Adonan yang mengalami fermentasi, bisa langsung masuk kukusan.

5. Panaskan kukusan. Beri alas serbet di atas saringan. Tata mantau dengan diberi jarak. Tutup kukusan dengan alas serbet juga. Kukus dengan api kecil-sedang selama 8-10 menit.

6. Setelah matang matikan api. Jangan langsung dibuka tutupnya, biarkan 1-2 menit untuk mencegah mantau menyusut atau keriput. Setelah itu buka kukusan. Sajikan hangat.

Hasil : 16 buah @60 gr

Menggunakan Bread Master :
1. Masukkan dalam mangkuk adonan, susu cair, gula pasir, garam dan mentega putih. Menyusul terigu dan baking powder. Buat lubang kecil di atas tepung, masukkan ragi instant. Tutup Bread Master.

2. Tekan menu Knead. Tekan start. Biarkan Bread Master bekerja sampai waktu habis. Jika waktu sudah habis tapi belum kalis bisa tekan Knead sekali lagi.

3. Setelah itu fermentasikan  sampai double size. Selanjutnya kempiskan dan mantau siap dibentuk.



Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

6 komentar

Klo aq sukanya yg ada isinya mba...terutama yg pake unti kelapa gulmer.

Belum pernah makan yang isi gulmer say. Enak ya ?
Kalo unti kelapa udah pernah sih. Ih jadi pingin yg isi unti deh biar sekalian latihan mbuletin pau lagi. Kurang mulus itu perasaan mantaunya

kalau mantau enaknya dimakan sambil dicocol saus sambal atau susu kental manis, itu sudah sedap..

jadi ceritanya mba Rina ketagihan bikin pao neh..mantap..
eits baru ngeh kalau ada foto mantau yang disobek, he eh kliatan lembut mba teksturnya ya..

Oh yesss !! Kok gak kepikiran sih. Apalagi itu kurang manis mantaunya. Cucok psti pake sambel. Thanks tuk infonya !

Iya nih lagi ketagihan. Sekaligus melatih kesabaran ngebentuk mantau mulus. Selama ini lebih sering bikin cake yang begitu jadi adonan, langsung dituang ke dalam loyang 😄😄

Mba....aq kmrn say hi di G+ 😁😁

Wah hahahah rajin deh ke G+ 😁😁 diriku malah jarang ke sono. Udah gak kekejar waktunya. In syaa allah aku tengok ke sana ya kalo longgar 😍😍

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon