Cake Coklat Kopi Kukus

Assalamu'alaykum


Hapa kabaaaarrr ? Lama gak update blog ternyata ada yang nanyain. Pertama dari Irene dan yang kedua mb Sitti Taslimah.
Tempo hari Irene datang ke rumah saya untuk ambil Topron Clean Power. Jadi agen Topron ceritanya. Selamat ! Irene, dirimu sudah jadi Mak Topron kayak diriku hahahah 😂😂😂😂 Semoga lancar dan berkah ya jualan Topronnya, Aamiin. Sedangkan mb Sitti nanyain via IG ketika saya comen di picnya. Alesan kenapa saya gak update blog adalah malas wkwkwk 😂😂😂 Awalnya terjadi ketika di rumah ada tukang yang memperbaiki genting bocor. Setelah kelar, suami minta si tukang untuk ngecat pagar, tembok, dan ngerjain tetek bengek lainnya. Target kerja cuma 3 hari rampung, jadi molor 8 hari. Saya yang sebenarnya sudah kemecer untuk update blog, jadi patah semangatnya *halah*. Begitu semua kerjaan tukang selesai, saya telanjur malas deh hihihi.... Kelamaan libur soalnya. Karena melihat saya malas, anak saya protes kapan bikin kue lagi. Baiklah, emak mau bikin ya. Sekalian update blog. Cake Coklat ini sudah kedua kali bikin. Yang pertama habis gak sempat dijepret. Nah yang kedua ini ada kesempatan jepret sebelum dibantai habis orang rumah.  Proses bikin gampil surampil. Tinggal cemplang cemplung. Sengaja bikin cake dengan coklat karena kangen. Itupun masih saya tambahin kopi biar ada sedikit pait paitnya. Demen saya cake coklat yang ada paitnya, entah dari coklatnya atau pake kopi. Jika yang seneng paitnya rada nendang, tambahin aja takaran kopi hitamnya. Gimana resepnya, cekidot yah 👇👇👇

Bahan basah :
100 gr dark cooking chocolate, cincang kasar
1 pack (28gr) minuman cokelat instant (saya pakai chocolatos drink)
1 sachet (2 gr) kopi hitam instant (misal Nescafe)
175 gr gula pasir
50 ml susu kental manis cokelat
350 ml air
⅛ sdt garam
75 ml minyak sayur/minyak goreng

Bahan kering :
250 gr terigu serbaguna
1 sdt baking powder
1 sdt soda kue
2 sdm cokelat bubuk

2 butir telur utuh, kocok lepas

Cara membuat :
1. Siapkan loyang ring diameter 22 cm tinggi 7cm. Olesi mentega/margarin semua bagiannya. Sisihkan.

2. Siapkan panci kecil masukkan semua bahan basah kemudian rebus sampai larut. Sisihkan sampai hangat.

3. Panaskan kukusan sampai mendidih airnya. Sisihkan.

4. Ayak semua bahan kering, masukkan mangkok besar. Tuangkan ½ bagian larutan cokelat hangat, aduk menggunakan whisker sampai rata.

5. Menyusul telur, aduk rata kembali. Terakhir masukkan sisa larutan cokelat aduk sampai rata. Adonan akhir kekentalannya seperti susu kental manis ya.

6. Tuang ke dalam loyang kemudian kukus dalam kukusan dengan api sedang sampai matang (+- 45 menit). Lakukan tes tusuk. Jika lidi keluar bersih artinya sudah matang.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

6 komentar

Eh..., mba Rina udah update blog ternyata. Baru juga ditanyain tadi pagi, eh sorenya sudah update. Semoga bisa update yang rajin lagi ya, mba.

Aamiin. Doa'in biar diriku gak malas ya mb Sitti hihihi

Haiyaaaa....bolak balik aq mampir ke sini tp blm ada postingan baru. Nah skrg baru muncul nih postingan cake coklat yg bikin pengen nyomooott!

Hahaha maap saaaayyyy.....kebablasan yang males ini diriku hihihi....
Boleh tuh dicomot. Enak, nyoklat banget iniii.....

Akhirnya muncul juga postingan baru ya mbak. Aku yg ketinggalan nih, baru liat hari ini. Pasti yg lain juga nungguin mbak, bukan aku aja ama mbak Sitti. Senengnya mulai aktif lagi mbak Rina.

Hihi....a)hamdulillah ada yang masih merindukan diriku. Tapi terkadang yang dirindukan sering bikin kecewa. Halaaaah hihi.....maap ya kalo updatenya sering telat. Kesibukan yang kadang nggak terduga sering bikin malas ngeblog nih 🙈🙈🙈🙈

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon