Tahu Bakso Kuah Bumbu Lada Hitam

بسم الله الر حمن الر حيم
Assalamu'alaykum


Dalam rangka memanfaatkan daging kurban, sebenarnya saya sudah punya ide bikin masakan ini itu.
Tapi ketika tukang sayur datang tiba-tiba anak saya pingin tahu bakso. Ok lah saya turuti keinginannya. Lagian saya juga pingin ikutan chalenge di IG yang diadakan oleh Rempah Indonesia. Syaratnya pake lada hitam (blackpepper). Kebetulan sekali saya punya stok lada hitam butiran di dapur. Belinya nggak terencana sih karena lapar mata di kios sembako langganan. Langsung beli aja tanpa mikir mau dimasak apa.  Ketika Rempah Indonesia mengadakan chalenge ini langsung sreg dengan temanya. Resep bakso tahu diadaptasi dari blognya Mbak Endang JTT dan kuahnya dari Sajian Sedap. Dari segi rasa sudah enak. Pas asin gurihnya. Tapi teksturnya menurut saya kurang sedikit kenyal. Waktu bikin ini, saya sambil ngerjain tugas rumah juga. Entah apakah saya salah menimbang tepung tapiokanya atau bagaimana. Next pingin bikin lagi. In syaa allaah.

Bahan:
15 buah tahu goreng segitiga, buat lubang di sisi panjangnya
250 gram daging sapi giling
100 gram tepung tapioka/aci/kanji
1 butir telur ayam ukuran besar
1 batang daun bawang, cincang halus (optional) --> saya nggak pakai

Bumbu bakso, haluskan:
4 siung bawang putih
4 butir bawang merah
1/2 sdt merica hitam butiran/blackpepper
1 sdt garam (sesuai selera)
1 sdt kaldu bubuk --> nggak pakai

Bumbu untuk merebus tahu bakso :
1.500 ml air
5 siung bawang putih, digoreng utuh, dimemarkan
1 blok kaldu ayam --> saya skip, diganti 100 gr tetelan sapi
1/2 -1 sendok makan garam
1/2 sendok teh lada hitam/blackpepper, haluskan
1/4 sendok teh gula pasir
250-300 gr tulang sapi/ayam

Sambal rebus : --> rebus jadi satu kemudian haluskan
20 bh cabe rawit merah
1 siung bawang putih

Pelengkap :
1 batang daun bawang, dipotong 1 cm
Bawang goreng secukupnya
Kecap manis

Cara membuat:
1. Siapkan mangkuk masukkan daging sapi, daun bawang dan  bumbu halus. Uleni adonan dengan tangan hingga tercampur rata dan serat-serat daging tercerai berai atau tidak menggumpal lagi. Masukkan telur, uleni hingga rata dan tambahkan tepung sagu. Aduk dengan tangan hingga menjadi adonan yang rata dan halus. Cicipi rasanya.
2. Masukkan satu sendok makan adonan bakso ke irisan tahu yang telah terbuka, jejalkan adonan dengan ujung-ujung jari hingga padat dan mengisi rongga tahu. Lakukan sampai tahu habis (adonan bakso yang tersisa dibentuk bulat bulat).
3. Siapkan panci, beri air dan bumbu  (kecuali tulang) untuk merebus tahu bakso. Rebus hingga air mendidih. Masukkan tahu, yang telah diisi adonan ke dalam air mendidih, beserta tetelan dan bulatan bakso. Rebus hingga tahu mengapung dan matang. Angkat tahu menggunakan saringan kawat dan tiriskan. 
4. Masukkan tulang sapi/ayam ke dalam sisa rebusan tahu bakso, didihkan kembali selama 10-15 menit. Jika airnya kurang banyak, boleh ditambahkan. Koreksi rasanya. Setelah pas, matikan api. Sajikan tahu bakso dengan kuah, pelengkap dan sambal rebus.

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon