Sempol Ayam

بسم الله الرّ حمن الرّ حيم
Assalamu'alaykum


Jumu'ah Mubarakah !!
Karena kebanyakan kepo di Instagram, saya kok kecantol dengan makanan asal Malang ini ya.
Namanya sempol ayam. Katanya snack ini lagi hits di sana. Harganya murce cuma 500 perak satu tusuk. Dimakan bareng saus cabe wuih enak katanya. Lap iler deh. Gegara kemakan promonya itula saya akhirnya bikin juga. Resepnya gampang dan sederhana. Cuma ayam giling, tepung tapioka, sedikit terigu dan bumbu. Setelah ditusuk pake tusuk sate kemudian direbus dan digoreng. Ketika bikin saya berencana pake daun bawang tapi lha kok lupa mau masukinnya hihi.... Padahal saya yakin mesti jadi enak kalo pake daun bawang. Setelah matang hasilnya lumayan, kenyal karena menggunakan tapioka.

Bahan :
250 gr daging ayam giling
200 gr tapung tapioka/aci/kanji
50 gr terigu
4 siung bawang putih, haluskan
1-2 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
1 sdt kaldu ayam (saya nggak pake)
1 batang daun bawang, iris tipis (lupa nggak dimasukkan)
tusuk sate secukupnya
1 butir telur, kocok lepas -->> sebagai celupan

Pelengkap :
saus cabe
saus tomat
mayonaise

Cara membuat :
  1. Siapkan panci dan isi air secukupnya untuk merebus adonan. Didihkan.
  2. Sementara menunggu air mendidih, dalam baskom besar campur semua bahan : ayam giling, tapioka, terigu, bawang halus, garam, gula pasir, kaldu bubuk dan daun bawang. Aduk rata. Adonan yang terbentuk berpasir dan agak kering.
  3. Dengan menggunakan tangan, ambil kira-kira 2 sdm adonan. Letakkan tusuk sate di atasnya kemudian padatkan. Genggam erat supaya memadat. Jika dirasa terlalu kering, tambahkan 2-3 sdm air. Atau tangan dibasahi juga boleh.
  4. Rebus dalam air mendidih sampai mengapung. Setelah mengapung lanjutkan merebus selama 10-15 menit supaya matang sampai ke dalam (semakin besar sempol yang dibuat, semakin lama merebusnya). Angkat dan tiriskan.
  5. Celupkan sempol rebus ke dalam kocokan telur kemudian goreng sampai matang. Sajikan bersama saus dan mayonaise.
Hasil : 24 tusuk



سُبْØ­َانَÙ‡ُ ÙˆَتَعَالَÙ‰ٰ عَÙ…َّا ÙŠَÙ‚ُولُونَ عُÙ„ُÙˆًّا Ùƒَبِيرًا

 Maha Suci dan Maha Tinggi Dia dari apa yang mereka katakan dengan ketinggian yang sebesar-besarnya ~ QS. Al Isra' ayat 43.


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

5 komentar

selamat malam, uwaaah... websitenya bagus nih gan, bikin kalem hati, keep posting gan. .Saya tunggu postingan menarik lainnya di website ini. Thank you

Komen pertamaku mbk. Salam kenal. Setelah lama stalking akhirnya berani komen 😘😄
Saya aselii malang mbak rina. Iya emg sempol lagi jdi hits di malang. Enak banget tapi prefer bikin sendiri mbak. Lebih higinis dan sehat ☺😊. Barokalloh buat resep2 yg slama ini sy paktekin satu2. Ummu ghazi

Salam kenal Ummu Ghazi
Apa kabar ? Alhamdulillaah jika DapurManis jadi blog rujukan ketika di dapur. Seneng dengarnya.
Enak ya ada yang jual sempol keliling. Coba di Ciledug sudah ada sempol keliling. Pasti beli nih saya hihi...Tapi bener kok lebih baik bikin sendiri. Lebih bersih dan lebih enak pastinya karena komposisi resep bisa dibuat sesuai selera.

Assalamualaikum. Terimakasih banyak atas resepnya ya mba. Sekalian izin save fotonya bagus banget

Waalaykumussalam
Terimakasaih atas komentar Anda. Sehubungan dengan save foto, saya mohon maaf tidak bisa memberi ijin kepada Anda atau siapa pun untuk save. Saya tidak ingin foto yang sudah saya buat dengan susah payah (yang pasti membutuhkan effort untuk membuatnya) disalah gunakan. Apalagi jika untuk komersial. Untuk jualan misalnya. Saya sangat keberatan jika untuk itu.

Saran saya, lebih baik anda membuat sendiri foto yang diinginkan. Terasa lebih puas rasanya jika bisa bikin sendiri. Bukan begitu Mas ?

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon