Sagu Keju

Tags

Assalamualaykum


Masih bikin kukis lagi nih. Sekarang bikin kukis favorit saya, sagu keju.
Sempat ngintip beberapa resep sagu keju di internet. Tapi lagi-lagi saya ngidam sagu kejunya NCC. Sudah beberapa kali sebenarnya saya bikin sagu keju tapi waktu itu belum punya blog. Pertama kali bikin kukis ini hasilnya langsung pas dengan selera saya. Saya yang tadinya nggak terlalu demen sama kukis, jadi tergila-gila dengan sagu keju. Dan lebaran tahun ini bikin lagi deh buat obat rindu akan sagu keju NCC yang laziz. Begitu kangen saya langsung bikin 2 resep sekaligus biar jadi banyak.

Sagu Keju
Sumber : Ibu Fatmah - NCC
Modif : Rina Audie

Bahan :
600 gr tepung sagu (saya pake merk Pak Tani)
4 lbr daun pandan, dipotong-potonng
250 gr margarin
50 gr mentega
300 gr gula tepung (saya pake 250 gr)
2 butir kuning telur
200 gr keju edam, parut halus (saya pake cheddar)
100 ml santan kental instant

Cara membuat :
  1. Sangrai tepung sagu dan daun pandan menggunakan api kecil sambil diaduk-aduk supaya tidak hangus sampai daun pandan jadi kering ± 15 menit. Angkat, dinginkan. Buang daun pandannya.
  2. Siapkan loyang kue kering, alasi kertas roti dan oles margarin tipis-tipis. Panaskan oven dengan suhu 140-150°C.
  3. Kocok margarin dan mentega menggunkan mixer speed rendah sampai lembut, masukkan gula tepung, kocok lagi sampai rata.
  4. Menyusul kuning telur dan santan kental, kocok kembali sampai rata.
  5. Masukkan keju parut, kocok sebentar sampai rata. Matikan mixer. Terakhir masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata.
  6. Masukkan adonan ke dalam kantong segitiga. Beri spuit kerang/bintang ukuran besar. Semprotkan ke atas loyang. Lakukan sampai loyang penuh dan beri jarak di antaranya.
  7. Panggang sampai matang ±40 menit. Keluarkan dari oven dan dinginkan.

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

Ini yg tipe melt in mouth ga mba...?

Kiriiiiimmm....

yoi lumer ini bu. Gurih lagi karena pake santan. Nggak kecewa bikin kukis ini

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon