Jjampong/Jjambong...Mie Kuah Korea Yang Luar Biasa Sedapp !!

Tags

Assalamualaykum


Beberapa waktu yang lalu ketika saya chating dengan mb Mimie, seperti biasa ngobrol ketawa ketiwi dan ngebahas tentang kue-kuean.
Setelah ngobrol ngalor ngidul mb mimie ngajakin bikin Jjampong Korea. Jujur saya nggak begitu ngerti dengan makanan Korea karena saya bukan penggemar K-pop (meski sering liat drama korea untuk membunuh waktu. Halahh...). Langsung deh buka resepnya mb mimie di blog. Melihat bahannya yang harus menggunakan seafood, kayaknya bakal enak nih. Belum lagi kuahnya yang kental dan merah sehingga saya membayangkan mie nya dibalut kuah gurih pedas yang rich rasanya. Nyam-nyam mendadak lafar lagi. Kuah ini bisa kental karena penggunaan terigu. Sedang seafoodnya sesuai selera aja. Bisa udang, kerang atau kepiting. Isinya juga suka-suka. Saya pake sosis, bakso dan tahu goreng. Ditambah ayam atau daging bisa lebih endess rasanya. Selain itu gunakan mie yang enak rasanya. Jamur yang dipake juga bisa apa saja, jamur kuping, hioko, tiram atau yang lain boleh kok. Kunci supaya kuah jjampong ini enak adalah penggunaan seafood, kecap ikan dan saus tiram. Takaran kecap ikan dan saus tiram jangan dikurangi ya. Ini yang membuat rasa jjampong makin kuat. Setelah matang sajikan jjampong panas-panas. Resep dibawah ini takarannya menyesuaikan kebutuhan di rumah saya. Buat mb Mimie makacih udah ngasih resep mie yang enak. Bisa jadi favorit di rumahku nih. Beneran lho, highly recomended !


Jjampong/ Jjambong
Sumber : Jasmin's Kitchen
Modif : Rina Audie

Bahan :
300 gr mie basah kuning, seduh air panas sebentar
1/2 butir bawang bombay, potong dadu
1 batang daun bawang, iris tipis
1 sdm kecap ikan
1 sdm saus tiram
1 sdm kecap manis
1 sdm terigu
500 ml air (pake kaldu lebih enak)
200 gr udang, kupas kulitnya
150 gr daging ayam, potong dadu (saya nggak pake)
1 bh jamur kuping kering, rendam air hangat sampai mengembang, potong-potong
2 bh sosis ayam/sapi, potong bulat-bulat
5 butir bakso daging/ikan, potong sesuai selera
5 bh tahu goreng, potong sesuai selera
1/2 sdt garam
1/2 sdt gula pasir

Bumbu halus :
3 butir bawang merah
3 siung bawang putih
5 butir merica bulat
1/8 butir biji pala
3 bh cabe merah besar
5 bh cabe merah keriting

Cara membuat :
  1. Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis bawang bombay dan daun bawang sampai wangi. Menyusul bumbu halus, aduk-aduk hingga harum
  2. Masukkan kecap ikan, saus tiram, kecap manis dan terigu. Aduk sebentar kemudian tuangi air dan masak sampai mendidih dan kental.
  3. Masukkan udang, ayam, jamur kuping, sosis, bakso dan tahu. Rebus sampai udang dan ayam matang. Beri garam dan gula pasir. Jangan lupa koreksi rasanya.
  4. Setelah semua bahan matang dan pas rasanya, masukkan mie kuning. Aduk sebentar dan angkat dari api. Sajikan panas-panas.

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

26 komentar

Wahh wajib dicb ne..bihun goreng ala mba rina sminggu ne aku udh bikin 2x TOP pokoknya,sesuai ma lidah akuu..suka..sukaa..sukaa...

oh ya ? Alhamdulillah kalo bihun gorengnya cocok dengan selera. Jjampong ini benar-benar enak. Aku aja masih terbayang-bayang enaknya kok padahal udah habis hihi...kuahnya itu laziz abisss

Wah....makanan korea. Tiba-tiba saya rindu pada kimchi. Saya tak punya waktu untuk membuatnya.

saya malah belum pernah makan kimchi hehe...

Hi Mba Rina, boleh dibantu alamat email dan nomor telp yang bisa dihubungi? Aku mau menawarkan kerjasama penulisan resep. Aku tunggu yah mba :)

Wah harus dicoba nih dirumah.
makasih mba atas resepnya :D

assalammualaikum...... #menyapa ala plinses
ahirnya...... hihi. namaku di sebut sebut.
ayo ...lain kali coba patbinso mbak.... es korea, enyakkkk lho

waalaykumsalam
jadi kompor mleduk lagi nih ngajakin bikin patbinso. Aku googling duyu. Kalo gampang, terutama dari segi bahan insya allah dibuat deh

Mba.. apakah kecap asin sama dg kecap ikan? Mau coba resepnya..

dari aromanya beda tuh (menurut saya pribadi ya). Kecap ikan itu aroma ikan tercium dan rasanya asin. Apalagi kalo dituang ke dalam tumisan bumbu, wuuuaahhh wanginya kayak di tukang mie/nasi goreng kali lima deh. Sedang kecap asin ya rasanya asin doang, aroma ikannya gak tercium

Aduuh sdh terlanjur beli kecap asin mbak hehe.. g papa dehh nanti sy beli lg kecap ikannya.. biasax mbak pake kecap ikan merk apa..? Kemarin sempat liat tp g baca merk apa.. thx mbak atas jawabannya..

biasanya pake kecap ikan yang ada gambar ikan merah. Merknya ya seperti gambarnya itu hehe...kalo di ciledug mudah carinya. Di pasar tradisional atau minimarket banyak dijual.

waah...jadi pengen nyoba jugaa ...#lap iler

coba aja um. Ini beneran enak kok. Nggak nyesel bikin jjampong deh

Sdh dicoba resepnya mbak.. tpg pake kecap ikan krn sdh keliling cari d supermaket g dpt n hanya pake udang sj krn udang sdh gurih.. tp soal rasa enaaak ya mbak..trimakasih resepnya..

syukurlah kalo masih enak dan disukai. Kalo udah nemu kecap ikan, coba lagi deh. Dijamin enak banget hihi...

Sdh dicoba resepnya mbak.. tpg pake kecap ikan krn sdh keliling cari d supermaket g dpt n hanya pake udang sj krn udang sdh gurih.. tp soal rasa enaaak ya mbak..trimakasih resepnya..

Jd makan siang suamiku lho mbak.. sempet suamiki heran kok airnya dikit banget hehe.. jd aku bilang diresep memang airnya g byk.. jd mie kuah dong kalau airx byk hihii.. ok nanti aku cari lg tuh kecap ikannya.. than you mbak rina..

kuahnya dibanyakin malah lebih enak kok. Sebaiknya mie dan kuah dipisah aja jika tidak langsung dimakan. Jika mau dihidangkan, panaskan kuah secukupnya kemudian masukkan mie secukupnya juga, aduk sebentar sampai mie jadi panas. Nah siap dihidangkan tuh.

pic di atas itu kuahnya sedikit karena kepentingan foto semata, biar mie kuningnya bisa narsis. Setelah difoto, aku guyur lagi dengan kuah panas biar enak. Habis itu sikat deh. Kalap hihi...

Oh.. begitu yya mbak ok mau bikin lg hihiii..

Bukan resep aslinya nih, ini sih mie kuah pedes seafood ala indonesia

Emang hampir sama, sama sama pedes dan top pokoknya

Waaah wajin dcoba ni mba, kmrn habis nntn the legend of the blue sea si cheong makan ini pas di rumah sakit kayake enak bgt hahaha

eh jangan bilang kayaknya. Asli ini enak banget lho. Buruan bikin gih biar nggak penasaran hihi...

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon