Misoa Goreng Bumbu Kuning

Assalamualaykum


Cukup lama saya punya misoa kering di dapur. Pingin diolah lagi tapi kok malah kemecer dengan resep lain. Padahal enak lho misoa goreng tuh.
Apalagi mbak Ridha yang jauh di Kalimantan sana tanya tentang misoa kering yang digunakan dalam resep ini. Beberapa waktu lalu udah dijepret, tapi begitu dicari picnya kok gak ada, huhu....entah nyelip di mana ini file foto. Maaf ya mb Ridha, aku cari dulu picnya atau dijepret lagi kalo beli misoa.

Kali ini misoanya saya olah menggunakan kaldu sisa ayam goreng. Kaldu ini sudah berbumbu jadi gurih banget. Gimana nggak gurih kalo kaldu yang dipake adalah kaldu sisa merebus 1 ekor ayam utuh. Hasilnya adalah misoa goreng yang guriiiiihhh banget. Saya bikinnya tanpa penyedap lho karena udah gurih.Setelah matang jadinya lumayan banyak. Sebagian saya berikan ke tukang sayur karena di rumah cuma berdua dengan suami. Anak-anak lagi liburan di rumah embah di Klaten, jadi setiap bikin makanan dan khawatir bersisa, buruan dibagi aja biar nggak mubazir.

Bahan :
130 gr misoa kering
1 batang wortel, serut kasar
100 gr ayam giling
1 batang daun bawang, iris halus
900 ml air kaldu sisa Ayam Dua Rasa
1 sdt garam (jika diperlukan)
1/2 sdt gula pasir

Bumbu halus :
4 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
1/2 sdt merica butiran

Adonan tepung :
2 siung bawang putih
1/3 sdt ketumbar
2 butir kemiri
1/2 sdt garam
125 gr terigu
150-175 ml air

Cara membuat :

  1. Siapkan loyang persegi ukuran 20x20cm, alasi kertas roti dan olesi minyak goreng.
  2. Panaskan sedikit minyak di atas wajan, tumis bumbu halus sampai wangi dan matang. Masukkan ayam giling, wortel dan daun bawang. Aduk sampai rata.
  3. Tuangi air kaldu. Masukkan garam dan gula pasir. Jika suka boleh diberi kaldu bubuk. Biarkan mendidih dan koreksi rasanya.
  4. Masukkan misoa dan masak sampai airnya menyusut, tinggal sedikit tapi jangan terlalu kering.
  5. Tuang ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Dinginkan supaya padat (saya diamkan di suhu ruang selama 2 jam kemudian masuk kulkas semalam).
  6. Adonan tepung : haluskan bawang putih, ketumbar, kemiri dan garam. Campur bumbu halus dan terigu dalam wadah besar dan tuangi air sampai rata dan kental.
  7. Keluarkan misoa dari loyang dengan cara dibalik, buang kertas rotinya dan potong jadi 24 bagian. 
  8. Panaskan minyak goreng di atas wajan. Celup setiap potongan ke dalam adonan tepung dan goreng sampai kuning kecoklatan. Sajikan bersama cabe rawit, saus sambal atau saus tomat.
Hasil : 24 buah

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

2 komentar

Hellow mbak say.xixi.aku pengen bkin ini nih.tina umminya faruq

helow helow juga tina. Hayuk bikin. Ini enak banget. Aku aja ketagihan. Kalo pas bikin maunya nyomot mulu hihi....

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon