Tahu Lontong Blora

Assalamualaykum


Ketika saya bingung mau masak apa, sengaja saya browsing dulu untuk cari ide. Sebenarnya saya sedang bosan makan nasi dan berencana ingin makan lontong.
Itu karena di pasar komplek mudah ditemukan lontong jadi saya akan bikin makanan dari lontong saja. Setelah kecantol di Femina saya tertarik dengan resep Tahu Lontong. Tahu lontong yang dimuat ini berasal dari Blora, Jawa Tengah (ternyata tahu lontong ada juga yang dari Jawa Timur lho). Bahan yang diperlukan sederhana saja, hanya tahu, lontong, toge dan bumbu kacang. Bumbu kacangnya ternyata simpel juga. Sip deh kalo begini. Setelah ke pasar di pagi hari saya langsung eksekusi saja resepnya. Setelah siap di atas piring dan dicicip wah enak banget, hihi....bagi yang terbiasa sarapan berat, makan menu seperti ini cocok banget deh. Bikin kenyang. Kalo saya cukup sedikit saja hanya sekedar nyicip. Baru setelah siang hari saya makan dengan porsi hanya separuh sambil diberi sayur mentah. Hmmm...jadi tambah seger deh...

Tahu Lontong
Sumber : Femina

Bahan:
  • 500 ml minyak sayur
  • 700 g tahu cina, potong 2 cm
  • 150 g taoge
  • 6 buah lontong, potong 2 cm
Saus, haluskan:
  • 200 ml air matang
  • 150 g kacang tanah, goreng
  • 100 g gula merah
  • 8 buah cabai rawit, goreng
  • 5 siung bawang putih, goreng
  • 4 buah cabai merah keriting, goreng
  • 2 sdm kecap manis
  • ¼ sdt garam
Cara Membuat:
  1. Panaskan minyak di atas wajan. Masukkan tahu, masak hingga matang. Angkat. Tiriskan.
  2. Blansir taoge hingga layu. Angkat. Sisihkan.
  3. Susun tahu, taoge, dan lontong di atas piring.
  4. Siram dengan saus. Sajikan.

Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

4 komentar

ini klo buat aku cuman selingan doang mbak Rina..meski udah kenyang tapi klo belom makan nasi tetep aja judulnya belom makan, haha..
*pantesaaan terus melar :D

hihi...idem deh kalo belum makan nasi namanya belum makan....

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon