Olieballen Kelapa dan Pandan

Assalamualaykum


Setelah lebaran berakhir saya lebih sering bikin snack dari pada masak-masak ya. Iya. Karena tukang sayur masih langka di komplek saya sehingga terpaksa harus belanja ke pasar.
Tapi kalo ke pasar suka lapar mata deh, beli yang nggak perlu. Seperti tempo hari saya kepincut kelapa muda di tukang kelapa parut. Alhasil beli deh 1 butir. Sesampai di rumah nggak tau mau dibikin apa, akhirnya dikukus aja bersama garam dan setelah dingin masuk freezer hihi... Setelah itu saya memaksa diri  buka-buka tabloid lama untuk mendapatkan ide. Ketika melihat ada gambar olieballen segera kepikir untuk bikin olieballen kelapa dan pandan aja. Saya mikir pasti gurih ini karena pake kelapa. Resepnya saya adaptasi dari resep olieballen sebelumya ya. Setelah matang enak deh. Gurih dan wangi.

Olieballen Kelapa dan Pandan
Sumber : Olieballen Apel Kismis dan Sukade
Modif : Rina Audie

Bahan :
300 gr tepung terigu protein tinggi
3 sdm gula pasir
1 sdm ragi instant
1/4 sdt garam halus
1/4 butir (125-150 gr) kelapa agak muda, parut memanjang
1 butir telur ayam
1/2 sdt pasta pandan
150 ml santan sedang, hangatkan
1 sdm mentega/margarin, lelehkan

Taburan :
gula halus/gula donat
kayumanis bubuk (saya nggak pake)

Cara membuat :
1. Campur dalam baskom tepung terigu, gula pasir, ragi instant, garam dan kelapa parut aduk rata. Masukkan telur dan pasta pandan, uleni menggunakan tangan.
2. Tuangi santan hangat sambil diuleni sampai rata. Adonan yang terbentuk liat, pekat dan sangat kental. Menyusul mentega leleh,  uleni sampai rata.
3. Tutup baskom menggunakan serbet basah dan diamkan/fermentasikan di tempat hangat selama 45 menit sampai mengembang.
4. Setelah fermentasi berakhir, kempiskan adonan dengan diaduk aduk menggunakan sendok.
5. Panaskan minyak dalam wajan. Dengan menggunakan 2 bh sendok makan yang telah dibasahi minyak goreng, ambil 1/2-1 sdm adonan, bentuk bulat. Goreng dalam minyak. Gunakan api kecil supaya matang sampai ke dalam. Setelah kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.
6. Setelah dingin taburi dengan gula halus dan kayumanis bubuk kemudian sajikan.

Hasil : 20-22 buah


Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

8 komentar

penasaran sama rasanya mbk hehehe,,,kirim sini yaaa :)

ayo bikin. Enak lho ini gurih manis bu gulu...

nggak pernah bikin aku mb.
tp kayaknya mb rina sering banget bikin.... jd penasaran

ayo bikin dong. Ini kan donat tanpa diuleni. Cepet lagi buatnya...

kaya odading kali ya mba...? hihihi...

ayo bikin um. Gampang dan hasilnya banyak lho...

dibikin odadingnya dong bu gulu. Ntar biar aku contek yah...

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon