Pages

Sunday, April 13, 2014

Tumis Tahu Bumbu Ebi

Assalamualaykum


Setelah masak saya sempat bingung mau diberi judul apa tumisan saya kali ini. Bahannya sih gampang wong cuma tahu kemudian ada sisa tempe goreng dan dicemplungi sosis.
Agak mirip-mirip dengan tumisan saya yang pernah diposting dulu. Salah satu tumisan yang saya ajarkan kepada anak saya selama dia libur karena kakak kelasnya sedang UAS. Selama libur dia saya suruh ke pasar setiap jam 6.30 pagi. Jam segitu tempat Bude Jum (bakul sayur langganan) masih sepi sehingga nggak antri. Paling males kalo yang belanja sampai berjubel padahal cuma belanja sedikit. Dan setelah pulang dari pasar kami berdua segera asik didapur dari ngupas bumbu, motongin bahan dan numis. Masalah icip-icip masih terletak di tangan saya, hehe.....Hasilnya enak deh. Begitu matang dia langsung ambil nasi dan tumis tahu ini untuk sarapan.

Sedikit cerita ya. Ketika mau motret saya seketika ingat dengan mb Mimie. Karena waktu belajar motret dulu dan saya belum bisa menghasilkan pic seperti sekarang, mb Mimie menjadi rujukan saya untuk bertanya. Dan hasilnya bisa dilihat kan. Meski begitu saya merasa masih banyak kekurangan dan ingin menghasilkan pic yang lebih cetar lagi dan lagi, hehehe.... Sengaja saya motret dengan cahaya terang karena ingin mengingat-ingat ilmu yang telah ditransfer mb Mimie pada saya supaya nggak ilang. Semoga ilmunya bisa menjadi berkah ya mb Mimie, aamiin....

Bahan :
10 potong tahu kuning, goreng berkulit
5 potong tempe goreng
3 bh sosis, potong bulat
1/2 sdm ebi, rendam air panas sampai lunak, cincang kasar
1 sdt kecap ikan
1 sdm saus tiram
3 sdm kecap manis
gula, garam, merica bubuk secukupnya
100 ml air
1 batang daun bawang, iris tipis
1 bh tomat merah ukuran kecil, potong kasar

Bumbu iris :
5 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 buah cabe merah keriting
2 bh cabe hijau besar

Cara membuat :
  1. Potong tahu dan tempe bentuk dadu, sisihkan.
  2. Tumis bumbu iris sampai wangi, masukkan ebi dan kecap ikan. Menyusul tahu,saus tiram, kecap manis, gula, garam dan merica. Tuangi air dan masak sampai kuah agak menyusut.
  3. Masukkan tempe, sosis, daun bawang dan tomat. Koreksi rasanya. Masak sampai meresap dan matang. Jika terlalu kering boleh tambahkan air lagi.


4 comments:

  1. Enak niy mbak 6, anak-anakku juga suka....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. Ini tumisan simple yang murah meriah dan Alhamdulillah disukai...

      Delete
  2. aminnnnn..... senang bisa berbagi ilmu walaupun aku masih amatir jg mb rina.... ^_^
    terkadang seneng banget dapat sms dr mb rina.... hihi... merasa dekat walaupun blm pernah ketemu... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalo seneng disms. Kalo sms belum dibales jangan mutung ya, hehe...itu pertanda pulsa habis dan belum sempat beli...

      Delete