Pages

Saturday, April 12, 2014

Marble Crumb Cake

Assalamualaykum


Seperti biasa ketika sedang blogwalking saya suka kesasar ke fabulous blog. Salah satunya blog Vivian Pang.
Waktu itu Vivian sedang posting Marble Crumb Cake dan hasilnya membuat saya terliur, keliatan enak. Cake ini aslinya dari DailyDelicious, salah satu blog yang sering saya intip juga. Picnya yang cantik sangat menggoda iman saya dan kemarin setelah masak saya langsung uprek menyiapkan bahan. Karena di rumah ada sisa biskuit lemon 5 keping, saya masukin aja sekalian ke dalam adonan crumb daripada keburu mlempem. Proses pembuatannya sangat gampang karena kue ini hanya bertipe butter cake kemudian dioven setengah matang, ditaburi crumb/struesel dan dipanggang kembali sampai matang. Seperti biasa saya modif juga dengan menambahkan tepung jagung supaya kuenya lembut. Krim kental saya ganti denagn susu kental manis karena nggak punya. Hasilnya adalah cake yang lembut, wangi mentega dengan sensasi krenyes-krenyes pada topingnya.....


Marble Crumb Cake
Sumber : Vivian Pang dan DailyDelicious
Modif : Rina Audie

Bahan Crumb :
50 gr mentega
50 gr gula palem
85 gr terigu serbaguna
8 gr coklat bubuk
5 keping biskuit jeruk, hancurkan

Bahan Cake :
50 gr Dark Cooking Chocolate (DCC)
2 sdm susu kental manis
115 gr mentega
115 gula pasir
2 butir telur
115 gr terigu serbaguna
1 sdt baking powder (saya nggak pake)
1 sdm tepung jagung/maizena
3 sdm susu kental manis

Cara membuat :
  1. Crumb : campur semua bahan jadi satu kecuali biskuit jeruk, aduk menggunakan garpu sampai berbutir-butir. Masukkan biskuit, aduk rata. Masukkan ke dalam kulkas, sisihkan.
  2. Cake : Lelehkan DCC dengan cara ditim sampai mencair kemudian masukkan susu kental manis, aduk rata dan dinginkan.
  3. Panaskan oven dengan suhu 180°C dan siapkan loyang bulat diameter 18 cm. Alasi kertas roti dan olesi mentega, sisihkan.
  4. Dalam sebuah wadah besar kocok mentega dan gula pasir dengan speed maksimal sampai pucat. Masukkan telur satu persatu dan kocok sampai rata.
  5. Menyusul terigu, baking powder dan tepung jagung dengan cara diayak. Masukkan dalam 2 tahap sambil dikocok dengan speed rendah sampai rata (diaduk pake spatula juga boleh). Terakhir masukkan susu kental manis dan kocok rata.
  6. Tuang 2/3 adonan ke dalam loyang, ratakan. Campur sisa adonan dengan campuran DCC leleh dan aduk rata. Tuangkan adonan DCC ke atas adonan putih dan bentuklah motif marmer dengan menggunakan garpu/lidi. Panggang setengah matang +- 20 menit.
  7. Keluarkan kue dari oven dan taburi dengan crumb, ratakan. Panggang kembali selama 20-25 menit. Lakukan tes tusuk. Jika lidi keluar bersih berarti sudah matang, Keluarkan dari oven dan dinginkan.


2 comments:

  1. tettttt....imho.....
    kayaknya terlalu dark deh mbak fotonya....
    kalau di edit di tambahi highlight mungkin namah kece mb.
    biar tekstur cakenya kelihatan.... #sok Pinter ...ehhehee

    ReplyDelete