Pages

Saturday, November 10, 2012

SAMBEL GORENG JENGKOL

Assalamualaykum



Kalo baca judulnya jangan langsung paranoid ya, hehe...Jengkol. Banyak orang yang sentimen dengan bahan makanan ini.
Ini levelnya sama dengan pete dalam hal bikin orang paranoid. Sama seperti saya dulu jika dengar kata jengkol pete sebisa mungkin menghindar jauh-jauh. Tapi beberapa bulan yang lalu teman fb saya mbak Anita upload resep Sambel Goreng Jengkol. Setelah dibaca saya sangat ingin mencobanya karena resep ini tidak memakai jengkol saja tapi ada bahan lain yaitu kentang dan tempe. Pemakaian jengkolnyapun cuma sedikit dibandingkan kedua bahan tadi. Yang seperti ini kayaknya cocok buat saya yang ingin "belajar" makan jengkol. Setelah mencoba, hmmm ternyata enak, hehe...Dalam sebulan ini saya sudah bikin sebanyak 3x. Hebat kan...(halah). Bagi yang sudah "senior" dalam hal perjengkolan, boleh kok jengkolnya dibanyakin. Pasti lebih enak....


Setelah saya membuatnya, baru saya tahu ternyata merebus jengkol itu lama. Butuh waktu 1 jam supaya jengkol jadi empuk. Setelah direbus dan kulitnya yang coklat dikupas, jengkol dibelah jadi 2 dan dimemarkan, baru deh jengkol siap diolah. Untuk resep ini saya modif sedikit baik bahan dan bumbunya. Tempe yang tercantum dalam resep saya ganti dengan tahu. Begitu juga bumbunya saya tambahi dengan rempah dapur. Sambel goreng ini menurut saya tergolong sambel goreng kering karena tidak memerlukan santan/cairan di dalam resepnya. Bumbu hanya ditumis menggunakan minyak sampai matang dan kering kemudian jengkol, kentang dan tahu dimasukkan. Kayak balado gitu. Gimana, mau mencoba sambel goreng jengkol ini ? Yuk disimak resepnya...




Bahan :
14 keping (7 tangkup) jengkol rebus
3 buah kentang, potong dadu
250 gr tahu putih, potong dadu
sepotong lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
3 lbr daun jeruk, robek-robek
garam dan gula secukupnya

Bumbu halus :
100 gr (7-8 bh) cabe merah besar
10 butir bawang merah
5 siung bawang putih
2 cm kunyit

Cara membuat :
1. Setelah jengkol direbus sampai empuk, belah 2, memarkan dan potong dadu, sisihkan.
2. Goreng kentang dan tahu secara terpisah sampai berkulit. Tiriskan.
3. Dalam sebuah wajan, panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan lengkuas, daun salam dan daun jeruk. Aduk-aduk sampai bumbu menjadi matang dan agak kering.
4. Beri garam dan gula, cicipi rasanya.
5. Masukkan jengkol, kentang dan tahu. Aduk sampai rata. Angkat dari api dan sajikan.










6 comments:

  1. jengkol mah mau di goreng , di gule, di sambel atau pun tumis.....maknyusss...
    jd pengen bikin gule jenkol.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mb mimie dah pakar masak jengkol. Aku baru bikin sambel goreng sama jengkol dikecapin.
      Bagi resep gule jengkolnya dong...

      Delete
  2. suami sih suka...tapi aku nggak, jadi males masakinnya hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. di rumah juga yang demen jengkol bapaknya anak-anak...
      aku aja yang makan masih pilih-pilih, diambilin kentang sama tahunya, jengkolnya ambil 1-2 biji, hihi...belum bisa enjoy makan jengkol...

      Delete
  3. jengkol enak bgt deh mau di goreng, sayur, pedes,manis enaaaaaaaaaaakkkkkkk bgt

    http://farinaandini.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo farina salam kenal. Nama kita mirip ya, hehe....
      iya ternyata jengkol enak ya. Kalo tau enak gini dari dulu makan jengkol. Tapi karena dah parno jadi telat deh, hehehe....
      Barusan nyamperin blognya farina. Ternyata melek blog ya. Kalo aku gaptek, kapan-kapan mampir ke sana deh ubluk-ublek postingannya....

      Delete