BOLU GULUNG MOTIF KUKER

Assalamualaykum




Alhamdulillah selesai deh PR Grup DA ini. Untuk bulan ini temanya adalah bolu gulung. Udah lama banget (tahunan kali) saya tidak bikin bolgul ini alias Swiss Roll.
Semenjak sukses bikin Chiffon Cake seakan-akan kue ini jadi terlupakan. Hampir setiap saat maunya bikin chiffon cake aja. Lumayan deh, dengan adanya PR ini jadi diingatkan kembali dengan proses pembuatannya. Bolgul ini sebenarnya mudah bagi yang sudah biasa bikin sponge cake. Tapi yang jadi masalah biasanya ada pada proses menggulungnya, biasanya akan retak. Begitu juga dengan saya kemarin, karena tidak sabaran, permukaan cake sedikit retak. Bukan karena salah adonan, karena saya dulu pake resep ini hasil gulungannya bisa mulus. Tapi sayanya ini lho yang selalu pingin cepat selesai kalo bikin sesuatu. Cuma sedikit sih, tapi tetep juga ada yang kurang.

Untuk PR kali ini saya membuat bolgul yang sedikit beda. Saya ingin menggunakan motif/gambar di permukaan kuenya, seperti Japanese Roll Cake itu lho. Tapi untuk motifnya saya menggunakan adonan kue kering. Pernah liat di salah satu blog beberapa bulan yang lalu, tapi kok lupa alamatnya. Jika ada yang tau mohon sampaikan pada saya ya supaya bisa saya cantumkan sumbernya. Untuk motifnya ini saya membuat gambar yang mudah saja, motif obat nyamuk, hehehe...ya iyalah, itu kan gampang banget. Tangan saya belum luwes untuk menggambar motif yang berukuran kecil-kecil seperti di Japanese Roll Cake.Bikin motif yang gampang aja masih belepotan sana-sini. Kesimpulannya, saya harus banyak latihan.

Hasilnya gimana ? Untuk motif kukernya tidak lantas menjadi keras seperti kue kering, tapi empuk. Mungkin karena terkena adonan cake yang basah, sehingga menjadikan adonan kukernya bisa lembut. Tips supaya adonan tidak mbleber dan nyampur dengan adonan cake, simpan loyang yang telah digambari selama 1 jam di dalam kulkas. Setelah itu tuangi dengan adonan cake dan langsung dioven. Dan hasilnya, enak. Sama seperti bolgul pada umumnya. Gimana, berani mencoba ? Ayo dibuaaaaaattt....




PR Grup Dapur Aisyah, Nopember 2012

Tema   : Bolu Gulung
Dibuat : Rina Audie (rina-dapurmanis.blogspot.com)
Nama Resep : Bolu Gulung Motif Kuker

Bahan untuk motif :
2 sdm mentega/margarin
3 sdm gula halus
1 butir putih telur ukuran kecil
2.5 sdm terigu
1/2 sdm maizena
1/2 sdm coklat bubuk

Cara membuat :
1. Siapkan loyang ukuran 22x22 cm. Alasi dasarnya dengan kertas roti dan olesi margarin. Lebihkan bagian sisinya supaya jika kue matang akan lebih mudah mengeluarkannya.
2. Campur mentega dan gula halus, aduk menggunakan garpu sampai lembut. Masukkan putih telur, aduk rata.
3. Campur terigu, maizena dan coklat bubuk, ayak. Masukkan campuran tepuang ini ke dalam adonan mentega. aduk rata. Masukkan dalam piping bag. Gunting ujungnya.
4. Semprotkan adonan di atas loyang dengan bentuk sesuai selera. Simpan di kulkas selama 1 jam.

Bahan cake :
4 butir kuning telur
3 butir putih telur
4 sdm gula pasir
1/4 sdt garam
1/2 sdt vanilli bubuk
3 sdm tepung terigu
1 sdt maizena
2 sdm mentega/margarin, lelehkan
Olesan : selai blueberry, selai stawberry, atau yang lain

Cara membuat :
1. Panaskan oven dengan suhu 180 derajat C.
2. Kocok semua telur, gula, garam dan vanili sampai mengembang dan kaku, kurleb 15 menit (jika suka bisa ditambahkan emulsifier 1/2 sdt).
3.Masukkan terigu dan maizena, aduk balik menggunakan spatulla sampai rata.
4. Tuangkan mentega cair, aduk balik sampai rata.
5. Keluarkan loyang dari kulkas, tuangi dengan adonan cake. Oven selama +- 20 menit.
6. Keluarkan kue dari loyang, olesi dengan olesan. Gulung selagi panas sambil dipadatkan. Bungkus bolgul panas menggunakan serbet, kencangkan bagian sisi serbet supaya bolgul tidak lepas. Simpan dalam kulkas supaya padat sampai dingin.






Penggiat kuliner yang menyajikan aneka macam kreasi masakan enak dan bergizi, semua bermula dari dapur

6 komentar

duh..kerennya..... :)
pic nya jg.....
aku pernah lihat swiss roll di jepang...
kayak gini mba rina.
tp di bentuk mootif2 gt...ada yg bentuk muka bruang gt. imut banget.....

masak cakep mb mimie ?
motretnya waktu mendung tadi pagi.

lha iya aku terinspirasi sama roll cake jepang itu...
tapi kalo gambar yang imut, tanganku masih kaku..

bagus mbak picnya...

aku kapan2 ya mau nyoba yg ala jepang itu.
hanya saja cara nya rada beda mb rina.
kalau yg jepang itu di oven dulu yg bermotif. baru di timpa sm adonan bolgulnya...

dibilang bagus jadi malu nih...

adonan JRC memang begitu. Beberapa waktu yang lalu baca di tabloid yang memuat cara bikin JRC. Pake adonan chiffon cake kalo JRC. Pasti lebih emfuk dan spongy. Kapan-kapan juga mau nyobai si JRC itu...

resep yang kita pakai mirip loh jeng...tapi aku kemaren bagian permukaanya nempel di kertas euy, jadi nggak bagus tampilannya..napa ya?

oh ya ? Duh kita berdua memang sehati, hahaha...lebay deh
Apa kertasnya yang ngolesi margarin kurang tebal ya ?

Terimakasih atas kunjungannya, salam sukses!
EmoticonEmoticon